Jumat, 25 Maret 2016

sepuluh perbedaan pemimpin (leader) dan boss f-j


f. Bos micromanages, pemimpin delegates

Micromanages maksudnya mengatur dalam skala kecil. Bos selalu mengatur karyawannya di lingkungannya. Berbeda dengan pemimpin yang memberikan ruang bagi bawahannya atau mendelegasi timnya agar berkembang.

g. Bos memerintah, pemimpin memimpin

Perbedaan antara bos dan leader yang paling mencolok adalah cara Mereka memberi tugas. Jika bos memberi tugas dengan memerintah tanpa dirinya sendiri ikut melakukan, maka pemimpin berbeda. Pemimpin mengatakan “let’s go”, maksudnya ayo bekerja bersama.

h. Bos berpikir pendek, pemimpin berpikir panjang

Pemimpin memiliki mimpi bersama timnya. Itu mengapa seorang pemimpin akan berpikir panjang. Berbeda dengan bos, yang Mereka lebih berfokus pada hasil saat ini. Tujuan-tujuan jangka pendek lebih Mereka fokuskan.

i. Bos mengatakan dirinya atasan, pemimpin mengatakan dirinya kolega

Ciri lainnya yang membedakan antara bos dan pemimpin adalah cara pandang Mereka terhadap diri sendiri. Bos akan mengatakan dirinya bos (atasan) dan karyawannya adalah bawahan yang harus menuruti perintahnya. Berbeda dengan pemimpin, Mereka merasa bahwa bawahannya adalah timnya dan teman kerjanya.

j. Bos fokus pada proses, pemimpin fokus pada sumber daya manusia

Tidak peduli bagaimana karyawannya, bos tetap akan memerintahkan Mereka. Apa yang bos inginkan dari suatu proses haruslah berhasil dilakukan oleh karyawannya. Berbeda dengan seorng leader, yang mana Mereka fokus pada timnya. Melihat bagaimana perkembangan timnya, mengetahui masalah yang sedang dihadapi dan menyelesaikannya bersama-sama.

sepuluh perbedaan pemimpin (leader) dan boss f-j
4/ 5
Oleh
Comments
0 Comments